Welcome to Chilly Theme

Sea summo mazim ex, ea errem eleifend definitionem vim. Ut nec hinc dolor possim mei ludus efficiendi ei sea summo mazim ex.

2 Persiapan Penting Sebelum Lansia Ikut Vaksinasi

2 Persiapan Penting Sebelum Lansia Ikut Vaksinasi

Jumlah tersebut masih terus bertambah karena antusias dan semangat warga yang cukup tinggi untuk ikut serta dalam menyukseskan program vaksinasi. KOTA PEKALONGAN – Sebanyak 27 orang warga kelompok lanjut usia di Kota Pekalongan mulai menerima suntikan vaksinasi Covid-19 sukatan pertama. Pemberian vaksinasi tersebut dilakukan pada Puskesmas Tirto, Kecamatan Pekalongan Barat, Puri Pekalongan, Sabtu (6/3/2021).

Dante menunjukkan, sentra vaksinasi berikut merupakan gerakan, olehkarena itu dengan gerakan jadi semua sektor pada masyarakat dan segala elemen di suku akan berperan. Sebelumnya, Wakil Menteri Ketenteraman RI Dante Saksono Harbuwono mengatakan, kedatangan sentra vaksinasi bibit mempercepat pemerintah di dalam mencapai target comotan vaksinasi COVID-19. “NU sudah siap membangun sosialisasi vaksin, tergolong kami juga siap mendampingi, dengan usulan kami bisa terselip one day care services.

Menurut Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, pemberian vaksin COVID-19 untuk lansia akan dilaksanakan setelah vaksinasi untuk tenaga kesehatan dan petugas pelayanan publik. Vaksinasi Covid-19 untuk lansia tercantum dalam surat edaran nomor HK. 02. 02/I/368/2021 tentang pelaksanaan vaksinasi Covid-19 pada kelompok sasaran lansia, komorbid, penyintas Covid-19, dan sasaran tunda. KOMPAS. com – Orang lanjut usia termasuk salah satu kelompok yang masuk dalam daftar penerima vaksinasi Covid-19 tahap dua yang sudah mulai berjalan.

Pada pelaksanaannya terdapat dua pilihan mekanisme pendaftaran bagi masyarakat lanjut usia. Pilihan pertama vaksinasi akan diselenggarakan di fasilitas kesehatan masyarakat baik di puskesmas maupun rumah sakit milik pemerintah dan swasta. Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran warga lansia ini dilakukan secara bertahap, karena lansia menjadi prioritas juga setelah petugas kesejukan dan pelayanan awam berjalan lancar.

Vaksinasi bagi Lansia

“Kami akan mendatangi rumah jompo yang dihuni lansia untuk melepaskan vaksinasi Covid-19, ” ujarnya. Ketua Lingkungan Indonesia Lawan Menyabet Covid-19 (KILL Covid-19) Adharta Ongkosaputra pada sambutannya menga tiga orang lansia dengan datang tanpa mengarifi bakal divaksinasi Covid-19. Untuk saat itu, pendaftaran bisa dilakukan bagi mereka dengan memiliki KTP karangan di ibu puri provinsi. Penyuntikan vaksin akan dilaksanakan pada dalam ruangan IGD non infeksius, satwa observasi pasca vaksinasi untuk melihat masalah ikutan pasca imunisasi, misalnya mengetahui apakah ada alergi / tidak pada penerima vaksin. “Alhamdulillah, tengah vaksinasi ini, KIPI sedang hingga bobot tidak ada, ” katanya.

Kini bukan hanya pemerintah Indonesia saja yang membuka sentar vaksinasi covid-19, pihak swasta juga sudah mulai memberikan konstribusi untuk mendukung pemerintah dalam mengatasi pandemi covid-19. Dengan mempertimbangkan karakteristik populasi lansia maka dibutuhkan pendekatan khusus agar proses vaksinasi untuk kelompok ini berjalan optimal. Salah satunya pendekatan proaktif jemput bola, misalnya dengan melibatkan remaja / karang taruna, bidan desa, serta kader kesehatan pada berbagai wilayah.

“Kita harapkan desain-desain seperti ini saja bisa dilakukan dalam kota lain, dalam provinsi lain, oleh karena itu akan mempercepat prosedur vaksinasi di Negara, ” kata Pemimpin. Selanjutnya, proses penapisan juga dilakukan dibanding kendaraan penerima vaksin hingga kemudian dikerjakan penyuntikan dosis vaksinasi. Pihak penyelenggara menyiapkan tempat parkir kira kendaraan penerima vaksin yang khusus diperuntukkan untuk observasi sepanjang 30 menit sehabis pemberian vaksin. Tidak hanya lansia, karet pengemudi ojek daring pun juga mendapatkan pelayanan lantatur yang sama. Tanpa turun dari kendaraan roda dua mereka, proses penapisan dan penyuntikan vaksin dapat dilakukan dengan lancar sehingga mempercepat proses vaksinasi.

Comments are closed.