Mulai Jenuh Belajar Online? Ikuti 6 Cara Jitu Ini Agar Tetap Fokus Selama Belajar Di Rumah


Posted On Dec 18 2020 by

Pandemi Covid-19 memberikan dampak pada semua orang termasuk anak-anak. Pada tulisan ini akan diuraikan bagaimana cara menghadapi anak-anak yang bosan dan tertekan dengan adanya pembelajaran daring. Ia adalah salah satu Dosen Prodi PG PAUD Undiksha yang ahli dalam bidang psikologi, Putu Rahayu Ujianti, S.Psi., M.Psi., Psikolog. Rahayu mulai membahas masalah ini secara umum terlebih dahulu bahwa karena pandemi anak justru kekurangan ruang untuk bermain karena pembatasan sosial.

Tentunya hal ini akan membantu si anak untuk explore berbagai jenis makanan dan cita rasa, dan juga mengajarkan tanggung jawab kepadanya. Runtutan tugas yang semakin hari semakin banyak, terkadang membuat si anak harus belajar lebih ekstra dengan melebihi waktu atau jadwal yang telah dibuat. Demi mengejar dateline terkadang siswa juga mengabaikan waktu istirahat selama belajar.

Kompetensi pendidik juga sangat menentukan kualitas pembelajaran dalam jaringan agar sejajar dengan pembelajaran tatap muka atau luar jaringan . Dijelaskan, terobosan yang dilakukan dalam system belajara jarak jauh ini dengan menggunakan 3 aplikasi, yaitu untuk penyampaikan materi pembelajaran tema dengan whatsap room. Sempatkan waktu untukme time, misalnya 30 menit pasangan dengan anak Anda, Anda lakukan interest sekedar dengar lagu, dan sebaliknya dengan pasangan.

Pada kasus cyberbullying atau insiden konten yang tidak pantas secara online, kenali sekolah dan mekanisme pelaporan lokal lainnya. Jangan lupa bahwa anak-anak atau remaja tidak perlu berbagi foto diri mereka atau informasi pribadi lainnya untuk mengakses pembelajaran digital. Untuk membantu anak agar tidak merasa bosan saat SFH, Saskhya menyarankan untuk melakukan pengubahan tempat belajar anak.

Dengan siswa merasa senang dan merasa betah ketika berlangsungnya pembelajaran maka guru juga merasa bergairah dan lebih semangat untuk mengajar. Para orangtua pun harus berpikir keras untuk mencari aktivitas yang menyenangkan bagi anak agar tidak bosan selama di rumah. Tentunya, hal ini menjadi hal yang positif juga antara orangtua dan anak karena bisa memiliki high quality time di rumah. Jika siswa telah mengalami penurunan semangat belajar bahkan hingga stress, maka akan sangat tidak baik bagi kesehatan si anak.

Orang tua harus berkomunikasi dengan guru terkait tingkat pengetahuan yang harus dipahami oleh anak. Penyebaran virus corona menuntut kita untuk melakukan physical distancing atau menjaga jarak fisik. Akibatnya, segala kegiatan yang bersifat mengumpulkan massa akan dihentikan sementara, termasuk kegiatan sekolah.

Bahkan, tak jarang pula orang tua yang kalang kabut karena banyaknya pelajaran dan tugas yang diberikan oleh guru. Masih banyak aktivitas lain yang dapat dilakukan di rumah bersama anak untuk mengisi waktu. Ini misalnya membuat kerajinan tangan, mengajari bermain alat music, belajar bahasa asing, dan sebagainya.

Kelas-kelas di sekolah sudah tergantikan dengan group-group pembelajaran diaplikasi ponsel. Hal ini tentu bukan hal yang mudah bagi semua elemen pendidikan terutama orang tua menghadapi transisi dalam sistem pembelajaran ini. Partisipasi orang tua dalam menemani anak-anaknya belajar secara daring dirumah sangat penting sehingga orang tua dapat memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anaknya. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, mencantumkan olahraga dalam jadwal belajar online anak bisa membantu mengatasi kebosanan. Saat kita bergerak, kemampuan pemecahan masalah, ingatan, dan perhatian kita meningkat. Aktivitas fisik adalah cara alami untuk mengurangi stres dan mencegah kecemasan.

Jadi, tak perlu kaku dalam mendefinisikan jam belajar dengan anggapan bahwa anak hanya belajar ketika mengerjakan tugas dari sekolah. Rina dengan guru kelas kerap kali saling bertukar ide agar anak mau menerima pelajaran dan tidak bosan. Salah satunya, melakukan video name saat anak Rina malas mengerjakan tugas lipat kertas.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Setiap pagi Moms bisa mengajak anak untuk jalan keliling kompleks, jogging, atau naik sepeda di sekitaran kompleks juga sudah cukup kok Moms. Nah, saat anak dan Moms atau Dads ada di rumah, jadikan hal ini sebagai kesempatan untuk olahraga bersama Si Kecil. Gunakan penghargaan apa pun, namun sebelumnya beri anak peraturan, bahwa mereka harus mengumpulkan beberapa bintang atau sticker sebelum mendapatkannya. Selama anak keep at residence, Moms mungkin harus memberikan penghargaan untuk Si Kecil yang memiliki perilaku yang baik selama masa ini. Nah, supaya Moms tidak bingung lagi, berikut rekomendasi aktivitas seru yang bisa Moms dan Si Kecil lakukan saat keep at residence. Produk-produk IKEA memiliki desain sederhana, multifungsi dan memiliki banyak manfaat yang tak terlihat.

Last Updated on: May 30th, 2021 at 3:20 am, by


Written by Puck