Begini Cara Mengatasi Anak Malas Sekolah On-line


Posted On Dec 19 2020 by

Ketika belajar di rumah, orangtua cenderung berusaha menjadi guru daripada menjadi orangtua. Hal inilah yang membuat anak jadi semakin malas sekolah dari rumah. Skatha Mading Online merupakan mading sekolah yang dikelola oleh tim di sekolah dari unsur guru dan siswa sebagai ajang untuk mempublikasikan beragam karya tulis. Hal ini sebagai salah satu upaya meningkatkan kemampuan literasi. Mading ini disajikan dalam bentuk portal on-line dengan mempertimbangkan fleksibilitas. saat pelajaran akan segera berakhir waktunya, maka terapkan teknik closing belajar yang benar, agar murid-murid tidak mudah melupakan poin apa saja yang telah mereka pelajari hari ini.

Dengan begitu, pelajaran bisa dipahami dengan baik dan anak akan merasa nyaman. Rasa jenuh dan bosan dengan rutinitas terbatas selama pandemi, tentu pernah dirasakan semua orang. Begitu pula anak-anak dengan kegiatan belajar dari rumah mereka.

Namun, seringkali baik siswa dan orang tua belum siap dengan kondisi ini dan bergantung terlalu besar pada guru. Padahal guru telah memberikan panduan dan latihan yang jelas kepada para siswa untuk dikerjakan. Jadi, apabila ingin menerapkan belajar online, maka baik para siswa dan orang tua harus menyiapkan diri untuk menjadi mandiri. Cara selanjutnya agar siswa tidak bosan mengikuti pembelajaran adalah dengan mempaktikan pembelajaran Kontekstual learning. Pahami tingkat kemampuan belajar anak dan sesuaikan dengan goal atau nilai yang diperoleh anak.

Cara agar anak tidak bosan sekolah online

Ibu juga sebaiknya meminta anggota keluarga lainnya untuk tidak mengganggu proses sekolah online anak. Sekolah online mengharuskan anak untuk lebih sering menggunakan gadget. Padahal, display screen time atau waktu menggunakan gadget yang dianjurkan pada anak usia 2–5 tahun hanya 1 jam, sedangkan anak usia sekolah dasar hanya 2 jam. Menurut Nadiem, sesama guru jangan ragu untuk meminta contoh atau finest practice dari guru lain.

Bila sudah seperti ini, tentu orang tua harus memutar otak untuk mencari cara agar anak betah berada di rumah. Pandemi COVID-19 membuat anak-anak tidak bisa bermain di luar rumah atau pergi ke sekolah. Alhasil, banyak anak mengeluh bosan lantaran terus-menerus berada di dalam rumah.Nah, untuk mengusir kejenuhan anak selama‘stay at home’,yuk, simak tips-tips berikut ini.

Pastikan untuk mengakui perasaan mereka dan meyakinkan mereka bahwa wajar untuk merasa takut tentang hal-hal tersebut. Tunjukkan bahwa Anda mendengarkan mereka dengan memberi perhatian penuh, dan pastikan mereka mengerti bahwa mereka dapat berbicara dengan Anda dan guru mereka kapan pun mereka mau. Peringatkan mereka tentang berita palsu dan dorong anak-anak untuk menggunakan sumber informasi tepercaya.

Dari persoalan itu, pihaknya melakukan inovasi yakni Solusi Teknologi Pembelajaran sebagai jasa layanan pendidikan terintegrasi terbaru PPM Manajemen. Guru juga dapat memberikan tugas kepada peserta didik di rumah berupa pembelajaran kecakapan hidup . Usahakan untuk keterampilan tertentu, semua bahan dan alat yang tersedia di rumah saja. Sehingga peserta didik tidak perlu keluar rumah untuk mendapatkannya. Sistem pembelajaran dapat dilaksanakan melalui perangkat komputer atau laptop yang terhubung koneksi internet. Guru pun bisa melakukan pembelajaran bersama di waktu yang sama dengan menggunakan grup di media sosial, seperti Whatsapp , Telegram, aplikasi Zoom ataupun media sosial lainnya.

Last Updated on: May 30th, 2021 at 3:31 am, by


Written by Puck