Suggestions Untuk Orang Tua Hadapi Anak Yang Susah Nurut


Posted On Dec 17 2020 by

Jika Ayah dan Bunda ingin anak-anaknya tidak nakal, tentunya Anda juga harus berperilaku baik di rumah agar dapat ditiru oleh anak. Sebagai orang dewasa, Anda juga tidak suka bukan apabila dibanding-bandingkan? Begitu pula dengan anak, biarpun mereka belum terlalu paham tapi mereka bisa merasakannya.

Saat orangtua menatap mata anak, ia pun akan melihat bahwa orangtua mereka memberi perhatian, bukan amarah atau emosi negatif lainnya. Nah Parents, mau mendengarkan adalah kunci dari cara mendidik anak yang baik. Jika Anda menunjukkan sikap mau mendengar keluhan mereka, atau peka bahwa mereka sedang kesal karena adanya masalah, maka mereka pun akan mendengar perintah Anda. Di sisi lain, sifat keras kepala dan sulit diatur sebenarnya merupakan cara si kecil untuk belajar soal kebebasan dan batasan-batasan perilaku yang bisa diterima dan tidak.

Manusia adalah makhluk sosial yang harus selalu berhubungan dengan orang lain. Sehingga memiliki kekuatan untuk bertahan menghadapi tekanan sosial akan menjadi hal yang sangat mengesankan. Para pemimpin besar yang mengubah dunia seperti Mahatma Gandhi, Nelson Mandela, dan Aung San Suu Kyi tidak bisa dikatakan sebagai orang-orang yang lemah. Mereka sering kali dikatakan sebagai orang memiliki pendirian dan keyakinan kuat.

Cara agar anak patuh

Salah satu contohnya adalah dengan mengatakan kepada anak bahwa Anda sangat menyayanginya. Pelukan atau ciuman juga bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi jiwa sang anak yang bisa Anda lakukan. Demikian tadi pembahasan tentang cara menghadapi anak yang nakal, bandel dan susah diatur. Anak hiperaktif bukan merupakan hal yang buruk apabila orang tua mampu mendidiknya dengan benar. Anak dengan tipe hiperaktif ini tidak bisa dimarahi atau diberikan hukuman terus menerus, atau anak malah akan berontak dan tidak patuh.

Tahukah Anda, setiap pemilik tanda zodiak memiliki bakat terpendam yang mungkin bermanfaat untuk mengarungi kehidupan manusia. Tips kesehatan kali ini membahas tentang protokol pencegahan penularan Covid-19. Berkat teknologi, semua orang bisa saling berkabar dan melaporkan aktivitas daring, begitu juga dengan aktivitas jual beli. Kita belajar dari Wahyu Ardianto, pemilik brand Es.eco tentang bagaimana menjadi pengusaha sukses lewat media sosial .

Lengkapi pula dengan vitamin dan zat mineral lainnya, sehingga otak dan badan anak akan tumbuh secara optimal. Dengan demikian anak sudah belajar beradaptasi dengan beragam kondisi dan situasi yang berbeda. Melatih anak untuk bisa memecahkan masalahnya sendiri merupakan cara mendidik anak yang harus ditanamkan sejak dini. Nah, Parent Pinters semoga ulasan tentang cara mendidik anak di atas dapat menginspirasi Anda.

Terlalu banyak melarang dengan mengeluarkan kata “jangan” justru akan membatasi kreativitas dan daya eksplorasi anak. Sebagai orang tua, kita wajib mengarahkan dan membimbing anak untuk bisa menjadi sosok yang cerdas, ramah, rajin beribadah, dan mandiri. “Mungkin selama ini, ketika ngobrol pun orang tua cuma asal, tapi tidak menaruh perhatian ke anak,” ujar Ikhsan. Ikhsan mengatakan, ketika anak mulai tidak menurut, sebaiknya orang tua langsung menaruh perhatian terhadapnya.

Coba untuk mengerti perasaan mereka dan tekankan bahwa mereka harus bisa mengikuti peraturan dan arahan Anda. Untuk melatih anak supaya lebih patuh Anda harus konsisten dalam menentukan peraturan. Bila hari ini Anda melarangnya bermain di jalanan, maka minggu depan peraturan ini harus tetap dijalankan, karena anak selalu mencari celah untuk bisa melanggar aturan yang dibuat orangtuanya. Sebuah tatapan matamemiliki kekuatan untuk menunjukan sebuah perasaan. Ketika orangtua menatap mata anaknya, maka mereka akan melihat bahwa kita memberikan perhatian, bukannya amarah dan perintah yang telak yang mendikte mereka. Dengan menatap mata anak, mereka akan paham betapa anda membutuhkan mereka dan ingin anak anda memberikan bantuannya.

Last Updated on: May 30th, 2021 at 3:17 am, by


Written by Puck