Tiga Skema Bisnis Multi Level Marketing Dan Perlunya Waspada


Posted On Feb 15 2021 by

Mulai dari Kesehatan, Keperluan Dapur hingga Keperluan Peralatan Rumah Tangga. Karena memiliki banyak aneka jenis produk, tidak salah jika Bisnis MLM ini pastinya memiliki katalog lengkap yang dimiliki oleh para Member Bisnis MLM ini. Perusahaan MLM produk yang dijual harus jelas misalnya kosmetik, pakaian, obat-obatan, dan lain-lain. Percayalah, menjadi member pada sebuah perusahaan MLM itu bukan langkah memulai bisnis Justru kita sedang dieksploitasi menjadi seorang sales merangkap sebagai tenaga perekrut gross sales. Malangnya kita tidak diberikan gaji, uang kesehatan, dan uang transport. Bodohnya lagi, kita wajib bayar uang pendaftaran untuk menjalankan tugas melelahkan itu.

Apa itu bisnis MLM

Terakhir ada pula perusahaan MLM yang menggunakan sistem break free dimana seorang mitra diberikan kebebasan untuk merekrut frontline. Semakin banyak orang yang kamu rekrut maka semakin besar bonus yang kamu dapatkan. Perbedaan pertama yakni armada penjualan dimana pada bisnis MLM armada penjual adalah distributor barang sekaligus pelanggan perusahaan alias mitra.

Dikatakan, Anggota Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia , Sofwan Jauhari, MLM berbasis syariah di Indonesia sendiri baru dikenalkan DSN MUI pada 2009 lewat fatwa No. seventy five tentang PLBS. Penekanan PLBS di sini bukan hanya pada produknya, Situs Bola Online tapi lebih menekankan cara kerja yang sesuai syariat. “Kami juga bangga dengan Lifetime karena di masa pandemi ini, ketika banyak perusahaan yang menghentikan usaha, Lifetime semakin berkibar. Ini membuktikan industri ini semakin berkembang,” tutur Andrew.

Tujuannya tentu saja, untuk memotivasi orang lain agar ikut bergabung. Nah, sayangnya seringkali pihak MLM tidak bisa mencapai ekspektasi tersebut, sehingga membuat para anggota menjadi malas untuk melanjutkan bisnis MLM. Mungkin ini yang bisa menjadi acuan lain mengapa banyak orang tertarik untuk bergabung dengan lini bisnis MLM. Yaitu bisa mendapatkan banyak kompetensi atau ilmu baru dalam dunia bisnis profesional seperti presentasi, negosiasi, komunikasi, memperluas jaringan dari segala macam latar belakang.

TEMPO.CO, Jakarta – Munas Alim Ulama Nahdatul Ulama atau NU merekomendasikan bisnis multi degree advertising atau MLM adalah haram. Hal ini berlaku untuk MLM dengan skema piramida, matahari atau ponzi. Sebagai perusahaan yang menjelankan gerak bisnis, perusahaan MLM memang juga dituntut untuk memiliki badan hukum yang jelas.

Last Updated on: July 29th, 2021 at 10:40 am, by


Written by Puck